Berbagai Tips Cerdas Menggunakan dan Merawat Mixer Kue Bosch

 

Seperti peralatan elektronik lainnya, mixer kue bosch dan merk yang lain juga akan mengalami penurunan nilai ekonomis hingga terjadi kerusakan. 

Faktor penyebab karusakan ini beraneka ragam. 

Bisa karena salah penggunaan, bisa juga salah penyimpanan. 

Agar mixer kue bosch yang anda miliki tetap awet dan tahan lama, ada tata cara penggunaan, perawatan dan penyimpanannnya.

Cara Penggunaan Mixer Kue Bosch

Seperti penggunaan alat masak dengan tenaga listrik lainnya, berikut cara aman penggunaan mixer kue bosch di rumah :

1.      Sebelum menggunakan, anda harus memastikan bahwa mixer, kabel dan colokannya dalam keadaan kering. Jangan gunakan jika masih dalam keadaan basah. Hal ini perlu diperhatikan untuk menghindari percikan api atau konsleting pada komponen-komponen yang ada dalam mixer.

2.      Hindari menggunakan T untuk colokan mixer. Gunakan satu stop kontak untuk satu mixer kue bosch. Karena mixer yang bertenaga besar jika harus berbagi dengan peralatan lain bisa menyebabkan konsleting listrik.

3.      Jauhkan mixer kue bosch dari jangkauan anak-anak atau siapapun yang tidak memahami tentang mixer. Karena jika lalai, bisa terjadi kerusakan yang akan mengurangi nilai ekonomis sebuah mixer.

4.      Saat akan melakukan pembersihan dan penyimpanan, pastikan kabel dan colokan telah lepas dari stop kontaknya. Agar tidak menyala dan membahayakan siapapun yang memegangnya.

5.      Pada saat mixer kue bosch sedang digunakan, jangan menyentuh kepala mixer ataupun mangkuk khusus yang sedang berputar.

6.      Jauhkan bagian dari tubuh anda seperti pakaian, tangan, ataupun rambut. Jangan sampai mengalami resiko terlilit pada putaran mixer.

7.      Sebelum menggunakannya, coba periksa kabel pada mixer. Jika terlihat ada yang terkelupas, terkoyak, ataupun rusak, urungkan untuk memakainya. Benahi kerusakannya terlebih dahulu. Setelah aman, baru bisa digunakan lagi.

8.      Jangan menyalakan mixer berdekatan dengan benda panas seperti gas, kompor ataupun oven.

9.      Pastikan kabel dalam keadaan terlepas dari stop kontak dan tombol dalam keadaan off sebelum memasang komponen kepala atau pengaduk mixer.

10.  Ketika mixer kue bosch sedang aktif menyala, pastikan digunakan oleh orang yang mengerti tentang mixer.

Tips Perawatan dan Pembersihan Mixer Kue Bosch

Agar mixer kue bosch tetap awet, berikut cara merawat dan membersihkannya :

1.      Sebelum melakukan proses pembersihan, pastikan tombol dalam keadaan off dan aliran listrik juga sudah dimatikan.

2.      Lepaskan satu persatu mulai dari pengaduk, wadah, dan komponen.

3.      Anda bisa membersihkan bagian-bagian mixer kue bosch yang diperbolehkan terkena air seperti mangkuk dan pengaduk dengan air bersih. Boleh juga ditambah sedikit sabun agar minyak atau sisa adonan bisa dibersihkan dengan lebih bersih. Setelah itu, keringkan dengan menggunakan lap kering atau sekedar diangin-anginkan.

4.      Setelah melakukan pembersihan, tahap selanjutnya adalah proses penyimpanan. 

PaPastikan kabel telah dicopot dari stop kontak dan tombol dalam keadaan off.

5.      Jika hendak menggulung kabel, hindari menggulung dengan gulungan kecil. Gulunglah kabel dengan gulungan agak besar agar tidak merusak kabel. Kalau perlu, tambahkan pengikat yang biasanya telah tersedia dari pabrikan.

6.      Pastikan anda menyimpan mixer di tempat yang aman jauh dari jangkauan anak-anak.

7.      Agar mixer kue bosch tersimpan dengan aman, simpan mixer pada tempat yang kering, tidak terkena sinar matahari secara langsung atau sumber panas lainnya.

Bagaimana? Cukup mudah, bukan? Cara penggunaan, perawatan dan penyimpanan ini berlaku untuk semua jenis mixer kue bosch apapun. Baik yang hand mixer, stand mixer, ataupun jenis yang lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Kelebihan Belajar di Kursus SEO Jakarta dalam Meningkatkan Omset Penjualan

7 Panduan Pemakai Computer yang Luar biasa - Cuman ® Windows

Kursus digital marketing yang sering dicari pemain online